Sunday 8 November 2015

Maitimo Pilih Persija



Berita Bola Terbaru – Raphael Maitimo bercerita banyak perihal keputusannya memperkuat Persija Jakarta untuk turnamen Piala Jenderal Sudirman yang akan dimulai pekan depan.


Dibandingkan dengan sesama rekan pemain naturalisasi, pilihan Maitimo bertahan di dalam negeri mungkin membuat fans mengernyitkan kening. Roda persepakbolaan tanah air belum kembali berjalan mulus dan hanya mengandalkan dari turnamen ke turnamen. Perubahan format seperti ini memaksa pemain harus menyesuaikan kontrak dengan klub yang diperkuatnya. Namun, Maitimo tetap pada pendirian bermain di Indonesia dan terbukti pada Piala Presiden lalu dirinya memperkuat Persita Tangerang.


“Sama seperti pemain lain, saya juga awalnya mencari klub luar negeri. Tapi, saya punya banyak pertimbangan. Saya sendiri tidak tahu pertimbangan teman-teman yang sudah bermain di sana,” ungkapnya kepada Goal Indonesia.


“Sebenarnya ada tawaran dari Malaysia dan Thailand. Saya pernah bermain di Belanda hingga Tiongkok, jadi saya kenal beberapa agen yang memberikan tawaran bermain di luar. Tapi, saya lihat berapa potongan dari agen, kebanyakan 20-30 persen dari gaji. Saya ingin sepuluh persen saja.”


Pertimbangan berikutnya dari mantan pemain Mitra Kukar itu adalah ikatan kontrak dengan klub awal, sekalipun ada tawaran dengan nilai gaji yang lebih menggiurkan.


“Contohnya tahun lalu saya ditawari bermain di Jepang. Tetapi ketika itu saya masih bermain di Mitra Kukar. Sebagai pemain, saya harus menghormati kontrak itu. Saya pemain yang loyal kepada klub dan saya loyal kepada Indonesia. Apalagi saat tawaran itu tiba, saya menyatakan ingin fokus ke timnas dan klub,” sambung Maitimo.


“Musim ini, sebelum masuk ke Sriwijaya ada empat tawaran dari Thailand dan Malaysia. Ketika kompetisi berhenti bulan Mei, saya kembali mendapat ajakan dari Malaysia. Tetapi saya masih ada kontrak dengan Sriwijaya, saya loyal kepada klub yang mengontrak saya.”


“Namun, untuk musim 2016 seperti saya memang harus mempertimbangkan kembali tawaran yang datang. Tentunya, tetap saya lihat dahulu.”


Untuk saat ini, Maitimo telah mentap berseragam Persija.


“Persija klub besar dari ibukota Jakarta dan saya suka dengan fans Persija karena selalu mendukung perjuangan tim. Selain itu saya juga sudah kenal dengan coach Bambang (Nurdiansyah), saya pikir sekarang ini adalah pilihan terbaik buat saya,” terang pemain 31 tahun itu membeberkan alasan.


“Saya dikontrak untuk Piala Jenderal Sudirman saja karena situasi di Indonesia masih banyak masalah sehingga kondisinya masih belum jelas. Mudah-mudahan nanti Persija bisa masuk ke final karena kami punya motivasi bagus.”


“Piala Presiden lalu, saya ikut Persita karena ingin jaga kondisi. Di saat itu Persija sepertinya baru memulai persiapan, tetapi saya juga tidak terlalu mengerti kenapa Persija bisa terpuruk karena saya fokus kepada tim kita sendiri. Yang berbeda saat ini bisa jadi adalah motivasinya.”


Maitimo mewaspadai lawan Persija di Piala Jenderal Sudirman nanti. Dia menilai Arema dan Sriwijaya pantas menjadi unggulan karena telah kenyang pengalaman di Indonesia. Meski demikian, pemain kelahiran Rotterdam itu mengatakan Persija mampu mengalahkan siapa saja.


“Ini grup yang sulit. Saya pikir kami harus bekerja keras dan semoga kondisi fisik sudah cukup bagus. Arema adalah tim unggulan karena mereka bermain di rumah, Sriwijaya juga bagus karena lolos ke final Piala Presiden. Masih ada Persipasi Bandung Raya dan Gresik United yang bisa tetap memberikan kesulitan kepada kami nanti,” katanya.


“Kita harus lolos ke babak delapan besar, karena jika tidak mendapatkan peringkat satu dan dua masih ada peringkat ketiga terbaik. Tetapi saya tetap ingin Persija lolos dengan bagus supaya bisa bermain di Jakarta nanti.” (





Maitimo Pilih Persija

0 komentar:

Post a Comment