Tuesday 20 January 2015

Persipura Menang Telak Atas Mitra Kukar





Hibola - Mitra Kukar kembali menelan kekalahan telak. Setelah dihajar Arema pada 18 Januari lalu, kini mereka menyerah dihadapan Persipura Jayapura. Bertarung di Stadion Kanjuruhan Malang dalam lanjutan SCM Cup, Selasa (20/1/2015), Mitra Kukar takluk dengan skor 1-4.

Persipura tampil dominan pada babak pertama. Aksi Boaz Salossa dan kawan-kawan mampu merepotkan lini pertahanan Mitra Kukar.

Menit 13 Persipura nyaris membuka keunggulan. Berawal dari umpan Ruben Sanadi yang gagal disambut Boaz, bola kemudian jatuh ke penguasaan Robertino Pugliara. Mantan pemain Persija Jakarta itu kemudian melepaskan sepakan keras yang sayangnya masih diblok pemain lawan.

Tak lama kemudian Boaz ikut mengancam. Dari luar kotak penalti ia coba menjebol gawang Mitra Kukar yang dikawal Rifki Mongkodompit. Tapi sepakannya gagal menemui sasaran. Begitu juga yang ia lakukan dua menit setelahnya. Sepakan sang pemain melenceng ke sebelah kiri gawang.

Di menit 27 Ian louis Kabes ikut menebar ancaman. Lewat situasi tendangan bebas ia mengarahkan bola ke pojok kanan atas. Untungnya Rifki masih bisa menghalau laju si kulit bundar.

Setelah sekian kali melakukan percobaan, Persipura akhirnya bisa membuka keunggulan. Aksi Robertino gagal dihentikan pemain belakang Mitra Kukar. Bola kemudian diberikan ke Boaz dan kapten Persipura itu sukses menyarangkannya ke dalam gawang. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 0-1.

Di awal babak kedua Mitra Kukar melakukan perubahan startegi. Ryuji Utomo, Michael Orah dan Septian David Maulana ditarik keluar lapangan. Sebagai gantinya, Mitra Kukar mengandalkan Zulkifli Syukur, Diego Michael dan Henda Ridwan. 

Hasilnya, Mitra Kukar sukses menyamakan kedudukan saat babak kedua baru berjalan beberapa detik. Adalah Rachmad Afandi yang mampu menjebol gawang Persipura. Sang pemain melepaskan tembakan keras dan bola bersarang di pojok kiri gawang.

Namun skor imbang tidak bertahan lama. Di menit 56 Persipura kembali unggul. Boaz kembali menjadi aktor dari lahirnya gol kedua tim Mutiara Hitam. Ia meneruskan peluang yang dibuat oleh Lancin Kone.

Gol tersebut seakan meruntuhkan kepercayaan diri para pemain Mitra Kukar. Buktinya, di menit 68 gawang mereka kembali kebobolan. Kali ini gol dipersembahkan Robertino Pugliara. Kesalahan pemain belakang Mitra Kukar sukses dimaksimalkan Gerarld Pangkali. Bola kemudian diberikan ke Boaz dan peluang berhasil diteruskan Robertino menjadi gol.

Lima menit sebelum turun minum, Persipura menarik keluar Robertino dan menggantinya dengan Zulham Zamrun. Sang pemain langsung unjuk kemampuan meski yang dihadapi adalah mantan timnya sendiri.

Pemain Timnas Indonesia itu bahkan berhasil menambah keunggulan Persipura. Lewat tendangan bebas ia sukses mengoyak gawang Mitra Kukar. Usai mencetak gol, Zulham enggan melakukan selebrasi. Ia menghormati klub yang pernah diperkuatnya sejak 2011 hingga 2014.

Keunggulan 4-1 untuk Persipura bertahan hingga laga usai. Boaz dan kawan-kawan berada di posisi dua klaemen dengan mengantongi raihan tiga poin. Sementara Mitra Kukar, mereka yang sudah kalah dua kali terpuruk di posisi dasar.

Susunan pemain:
Mitra Kukar: Rifki Mongkodompit; Jorge Blass, Rudolph Basna, Ryuji Utomo (Zulkifli Syukur 46'); Michael Orah (Diego Michael 46'), M.Bachtiar, Gavin Kwan (Dibyo Cessaro 59'), Anindito Wahyu; Septian David Maulana (Hendra Ridwan 46'), Yogi Rahadian, Rachmad Afandi

Persipura: Dede Soleman; Yohanes Tjo'e, Riccardo Salampesy, Yustinus Pay, Ruben Sanadi (Jaelani 85'); Immanuel Wanggai, Lim Jun Sik, Robertino (Zulham Zamrun 85'), Ian Kabes (Gerrald Pangkali 59'); Lancin Kone (Pahabol) , Boaz Salossa

0 komentar:

Post a Comment