Sunday 28 June 2015

Paraguay Melaju Ke Semifinal Usai Kalahkan Brasil



HiBola – Paraguay melaju ke semifinal Copa America 2015 setelah menundukkan Brasil lewat drama adu penalti dengan skor 4-3, Minggu (28/6/2015) pagi WIB . Sebelumnya, laga yang berlangsung di Estadio Municipal itu berakhir 1-1 di waktu normal.


Nantinya di babak empat besar La Arbirroja –julukan Paraguay– bakal menantang Argentina yang juga mengalahkan Kolombia melalui proses yang sama. Keberhasilan ini sekaligus menyamai torehan mereka pada Copa America 2011. Saat itu, Paraguay juga mengalahkan Brasil lewat adu tendangan 12 pas di babak perempatfinal. Bedanya, saat itu tak satu pun pemain Selecao yang mampu mengonversi penalti menjadi gol dan harus puas kalah 0-2.


Jalannya Pertandingan


Babak Pertama


Laga baru berjalan satu menit, Brasil sudah membuka peluang lewat sepakan keras Phillipe Coutinho. Beruntung, kiper Justo Villar dapat mengamankan gawangnya dari kebobolan. Tersentak dengan peluang yang dibuat Brasil, Paraguay juga mencari momen emas tersebut.


Benar saja, Roque Santa Cruz hampir saja merobek jala gawang Jefferson. Memanfaatkan umpan silang rekannya, tembakan mantan pemain Manchester City masih melebar tipis. Selepas peluang tersebut, Selecao –julukan Brasil– kembali menguasai jalannya laga.


Bola-bola pendek mereka peragakan sambil berharap ada celah di pertahanan La Albirroja yang bisa dimanfaatkan. Kesabaran itu akhirnya membuahkan hasil setelah Robson de Souza atau yang biasa disapa Robinho membobol gawang Villar di menit ke-15.


Gol bermula dari umpan silang yang dilepaskan Dani Alves, pemain berusia 31 tahun berlari dari belakang dan dengan tenang memanfaatkan umpan matang itu dengan kaki kanan. Skor berubah 1-0 untuk Brasil. Tertinggal satu gol rupanya tak membuat tim asuhan Ramon Diaz tampil trengginas.


Nelson Haedo Valdez dan kawan-kawan masih kesulitan menembus kukuhnya lini tengah Brasil yang digalang Fernandinho dan Elias. Ujung-ujungnya, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, skor 1-0 tidak berubah.


Babak Kedua


Paraguay langsung mengancam di awal babak kedua. Bahkan, Dani Alves mendapat kartu kuning karena melakukan pelanggaran terhadap Edgar Benitez tipis di luar kotak penalti. Paraguay benar-mengubah pola permainannya di babak kedua.


Mereka mulai berani menekan Brasil guna mencari gol penyama kedudukan. Terlihat Silva dan Valdez berturut-turut membuat gol. Beruntung bagi Brasil, Jefferson masih sigap menjaga gawangnya tetap perawan.


Akhirnya gol yang ditunggu Paraguay datang juga lewat titik penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Derlis Gonzalez pada menit ke-72. Penalti terjadi karena tangan Thiago Silva terlihat menyentuh bola saat berduel dengan Santa Cruz. Paraguay 1-1 Brasil.


Gonzalez! Kembali mengancam gawang Brasil. Namun, kali ini sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih dapat ditahan Jefferson. Selepas peluang tersebut, Brasil bisa dibilang menguasai jalannya pertandingan terutama pada lima menit terakhir.


Namun, hingga wasit Andres Cunha meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 1-1. Untuk menentukan pemenangnya, laga harus dilanjutkan lewat adu tendangan penalti.


Adu Penalti


Brasil


Fernandinho O


Everton Ribeiro X


Joao Miranda O


Douglas Costa X


Coutinho O


Paraguay


Osvaldo Martinez O


Victor Caceres O


Raul Bobadilla O


Santa Cruz X


Derlis Gonzalez O


Susunan Pemain :


Brasil : 1. Jefferson, 2. D. Alves, 3. Miranda, 14. T. Silva, 6. F. Luis, 5. Fernandinho, 8. Elias, 21. P. Coutinho, 19. Williain, 20. Robinho (Everton 87’), 11. R. Firmino (D. Tardelii 69’).


Paraguay : 1. J. Villar, 14. P. Da Silva, 4. P. Aguilar, 2. I. Piris, 5. B. Valdez, 15. V. Caceres, 22. E. Aranda (O. Martinez 77’), 18. N. Valdez (R. Bobadilla 74’), 9. R. Santa Cruz, 11. E. Benitez (O. Romero 84’), 10. D. Gonzalez.





Paraguay Melaju Ke Semifinal Usai Kalahkan Brasil

0 komentar:

Post a Comment