Friday, 7 August 2015

Jokowi Siap Resmikan "Piala Presiden"



HiBola – Kompetisi sepak bola Tanah Air akan kembali bergulir dengan format Piala Presiden pada 30 Agustus mendatang. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Mahaka Sports itu akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo saat kick-off diselenggarakan di Denpasar, Bali.


Pendiri Mahaka Group, Erick Thohir, seusai bertemu Presiden Jokowi, mengungkapkan bahwa kompetisi Piala Presiden akan diikuti oleh 16 klub sepak bola. Sebanyak 13 klub di antaranya adalah klub yang pernah mengikuti kompetisi Liga Indonesia yang diselenggarakan PT Liga Indonesia. Sementara itu, tiga klub lainnya berasal dari divisi utama.


Kompetisi akan dimulai pada 30 Agustus hingga minggu kedua bulan Oktober 2015.


“Insya Allah, pembukaan itu akan diadakan di Bali pada tanggal 30 Agustus 2015, dan Presiden juga akan hadir,” kata Erick di Istana Kepresidenan, Jumat (7/8/2015).


Dia memaparkan, pertandingan akan dilaksanakan di empat kota. Selain di Denpasar, tiga kota lainnya adalah Makassar, Malang, dan Bandung.


Kompetisi akan dilakukan dalam format sistem semi-kompetisi dengan tahap awal berupa pertandingan penyisihan di empat grup. Dari tiap-tiap grup itu, dua klub teratas kemudian akan diambil untuk menjalani sistem gugur pada tahap perempat final.


Tanpa campur tangan politik


Saat ditanyakan soal koordinasi Mahaka Sports dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang masih dibekukan, Erick mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan hal itu dengan banyak pihak, mulai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), serta PSSI.


“Saya di sini tentu tidak bermaksud apa-apa, nawaitu (niat)-nya baik. Saya ingin, sebagai yang cinta bola, kan sudah jelas cinta bolanya. Tidak ada maksud politik apa-apa, dan jelas sekali Piala Presiden ini jalan, dan dikelola swasta secara murni, dan ini juga independen tanpa campur tangan politik,” kata Erick.


Semenjak membekukan PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga membuka peluang bagi siapa pun untuk melaksanakan kompetisi sepak bola yang lebih independen dan transparan.


Piala Presiden akan menjadi kompetisi pertama semenjak kompetisi berhenti pasca-pembekuan PSSI beberapa bulan lalu. Erick mengaku tidak tahu sampai kapan keberlanjutan Piala Presiden ini. Dia hanya menyiapkan kompetisi untuk tahun ini.





Jokowi Siap Resmikan "Piala Presiden"

0 komentar:

Post a Comment